Rabu, Januari 20, 2010

Buat Website Mudah kok


Pada jaman sekarang ini, website sudah merupakan hal yang umum bagi kebanyakan orang. Website sekarang sudah menjadi hal penting bagi kehidupan manusia. Hampir semua orang mempunyai website, entah berupa website atau blog. Bahkan saya baca di koran, saya pernah mambaca bahwa Wall Street Journal (sebuah journal terbesar didunia), mereka rugi sampai 40% karena para pembaca mulai beralih dari baca koran menjadi membaca secara online atau melalui internet.


Ini menandakan website memiliki peluang bisnis yang sangat besar, baik untuk usaha anda, ataupun untuk mempromosikan hal yang lain. Yang menjadi pertanyaan :

Membuat website itu sulit atau mudah? Jawaban nya: MUDAH

Tapi,

Membuat website yang menarik itulah yang sulit.

Itulah kenapa saat ini banyak sekali orang yang menggunakan jasa pembuatan website untuk pembuatan nya.

Bagaimana cara membuat website yang menarik?

1. Anda harus punya jiwa seni (terutama mengenai masalah desain web)

2. Anda harus menguasai dunia pemograman web, terutama adalah pembelajaran mengenai HTML dan CSS

3. Harus mengerti bahasa pemograman PHP (tidak harus menguasai)

Disini kita bicara mengenai Cara membuat website yang menarik, bukan mengenai aplikasi website nya. Kalau untuk aplikasi website, sekarang sudah banyak sekali script-script keren yang dibuat, dimana kita bisa tinggal install saja.

Selain ketiga hal diatas, yang terpenting adalah PENGALAMAN. Anda harus sering-sering mencoba dan belajar, dimana nanti anda akan menemukan gaya desain anda sendiri, yang menjadi ciri khas anda.

Pada postingan berikutnya, saya akan sharing darimana saja saya belajar mengenai dunia Web design.

Semoga bermanfaat...

Tqyue



Sumber:http://www.trikblog.co.cc

Minggu, Januari 17, 2010

kanker payudara


Kanker, ketika ditemukan dalam tahap awal memiliki kemungkinan besar untuk sembuh. Namun, seperti ujar-ujar, lebih baik mencegah daripada mengobati, tak pernah salah. Berikut adalah cara mencegah kanker payudara agar tak menggerogoti hidup Anda dan wanita lain yang Anda kasihi.

1. Hindari minuman beralkohol
Konsumsi alkohol, bahkan hanya sedikit ditengarai bisa meningkatkan risiko terkena kanker payudara. Banyak dokter merekomendasikan untuk menjauhi minuman anggur, bir, dan minuman keras lainnya. Sebuah studi menunjukkan adanya hubungan antara minuman keras dengan kanker payudara.

2. Berolahraga setidaknya 3 kali seminggu (lebih sering, lebih baik)
Ketika Anda berolahraga, usahakan untuk menjaga tingkat detak jantung di atas garis dasar setidaknya 20 menit secara terus menerus. Jalan santai yang lama juga baik, namun olahraga keras (yang berkeringat) yang bisa membantu jantung Anda lebih sehat sekaligus mengurangi risiko kanker.

3. Pertahankan berat tubuh, kurangi berat tubuh jika berat Anda lebih dari normal
Bagi orang yang kelebihan berat tubuh, atau obesitas, apalagi untuk wanita yang sudah memasuki menopause, risiko kanker payudara akan meningkat, apalagi jika Anda mengalami kenaikan berat badan yang signifikan ketika sudah dewasa.

Sebuah studi yang dirilis bulan Maret 2008 dari para peneliti di University of Texas M.D. Anderson Cancer Center di Houston memperoleh temuan menarik. Wanita dengan kondisi obesitas dan kelebihan berat badan memiliki tingkat keselamatan dari kanker payudara lebih rendah dari yang berat badannya normal. Wanita dengan kondisi tersebut juga memiliki kemungkinan terkena penyakit agresif lainnya ketimbang wanita dengan berat badan rata-rata, maupun wanita kurus.

4. Rajin melakukan cek kanker payudara sendiri
Pastikan Anda mendapatkan instruksi yang jelas dan cukup dari dokter Anda mengenai cara dan teknik mengecek kanker payudara sendiri. Anda mungkin bisa mendapati benjolan sebelum cek mamogram, dan adalah ide yang baik untuk bisa mengikuti perubahan yang terjadi pada tubuh Anda.

5. Untuk yang berusia di atas 40 tahun, usahakan untuk mamogram setahun sekali
Mendapati tumor di tahap awal, ketika masih kecil menumbuhkan kemungkinan keselamatan secara signifikan. Tingkat kesembuhan bisa mencapai 98 persen untuk tahap awal, namun kemungkinan kesembuhan hanya berkisar 27 persen jika tingkatannya sudah tinggi dan besar.

sumber: health, kompas.com

Alexa lagi CkCk

disaat keboringan ini q sedang cari2 artikel2 baru tentang alexa
kata orang orang sih rank blog alexa q tuh deso hahahahaha

nah makanya Q bingung naikinnya tuh gimana...?
gimana nih caranya para2 blogger ayang udah tinggi rank alexanya hahaha????

om google pun memberikan sedikit info tentang alexa n q pergi ke blog yang posting tentang alexa dan alhasil ternyata hampir dari 10 blog yang q kunjungi
95% artikelnya sama hahahaha jadi bingung???
copas sopas tak mencantmkan sumber kebanyakan jadi q bingung mau tau sumbernya dari mana!!!!!

nah q masih di bingungkan mengapa rank google n rank alexaQ gag setimbang apakah ada terjadi kesalahan
imaginasi pun bermunculan
1.blogQ tidak memiliki banyak komentar di artikelQ
2.Q belum melancarkan teknik SEO seperti banyak sumber2 yang menyarankan
3.atau alexa gag mau lihat blog yang aku miliki
4.apa yang harus aku lakukan
5.tolong bantu aku yah
gimana cara menaikan rank bloGq khususnya ranking alexanya coba aja diliat masa rankingQ ampe 4 jutaan wkwkwkwkwkw



HELP ME FRIENDS IN BLOG

Kamis, Januari 14, 2010

Acara Pernikahan Fantastis

FLORIDA - Noah Fulmore, 31, dan Erin Finnegan, 30, tak ingin momen istimewa dalam hidup mereka terukir biasa-biasa saja. Pasangan asal New York, Amerika Serikat, itu menikah dalam kondisi nol gravitasi. Demi memburu impian tersebut, mereka rela menguras kocek GBP 10.000 (Rp 173,075 juta).
Namanya juga upacara pernikahan tanpa bobot, mereka pun harus jungkir balik melayang-layang di dalam kabin jet Boeing 727 saat mengucapkan ikrar sehidup semati, tukar cincin, serta mencium pasangan. Pesawat yang mengangkut pasangan unik itu meluncur dari pusat stasiun luar angkasa Kennedy di Florida.
Untuk antisipasi, Noah mengenakan celana panjang di balik gaunnya. Dengan demikian, andai gaun pengantin tersingkap, kesopanan momen sakral itu tetap terjaga. ’’(Pernikahan yang) luar biasa dan segalanya seperti yang kami harapkan,’’ tutur Noah seperti dilansir Daily Mail kemarin (22/6).
Ide nyeleneh tersebut muncul karena keduanya memang penggemar berat segala hal mengenai fiksi tentang ilmu pengetahuan.
Agar makin kental suasana angkasanya, sepasang cincin yang dipergunakan pun bukan sembarangan. Bahannya dari pecahan meteorit yang jatuh di wilayah Namibia 30.000 tahun lalu.
Noah dan Erin menjadi pasangan pertama yang melangsungkan pernikahan dengan ide nol gravitasi. Pernikahan mereka dihadiri Richard Garriott, wisatawan luar angkasa kelahiran Inggris, yang sekaligus menjadi pemimpin upacara pernikahan langka itu. (war/ami/jpnn)

Umat Muslim Masih Tertindas DIMANA KITA????

KABUL – Keputusan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) merelokasi 600 staf non-esensial dari Afghanistan belum membuat Taliban puas. Kemarin (6/11), kelompok radikal yang aksi anarkisnya sukses menyiutkan nyali badan dunia tersebut melancarkan serangan verbal lewat internet. Mereka menuding PBB mendukung penindasan terhadap kaum muslim.
Dalam pernyataan tertulisnya, Taliban menyebut penindasan itu sudah berlangsung delapan tahun. Tepatnya sejak rezim Taliban digulingan Amerika Serikat (AS) dari pemerintahan lewat invasi militer pada 2001 lalu.
”PBB mendukung penindasan dan tekanan terhadap kaum muslim, dan jugah bersekutu dengan para penjajah yang arogan,” papar Taliban seperti dilansir Agence France-Presse.
Organisasi yang pernah berkuasa di Afghanistan lima tahun (1996-2001) itu juga mengkritik Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon terkait janjinya untuk menyeret para pelaku kejahatan ke meja hijau. Sebab, dengan mendukung kaum penjajah, diplomat asal Korea Selatan (Korsel) tersebut telah melanggar janjinya sendiri. Selama delapan tahun, PBB pun disebut-sebut ikut melestarikan kekejian terhadap masyarakat muslim Afghanistan.
”Mereka (PBB) punya andil dalam pembunuhan masal warga Afghanistan. Mereka juga yang menyebabkan tragedi dan penderitaan tak berkesudahan di negara ini,” tandas Taliban dalam pernyataan yang ditayangkan di situsnya kemarin.
Lebih lanjut, kelompok yang diklaim AS sebagai teroris itu menyatakan bahwa PBB selalu diam saat pasukan asing merenggut sejumlah besar nyawa warga sipil lewat serangannya.
”Selama delapan tahun, tak seharipun terlewati tanpa kebrutalan pasukan Amerika dan Barat. Mereka melakukan kejahatan, pembunuhan dan penyiksaan terhadap warga Afghanistan. Mereka juga tidak menghormati norma-norma kebangsaan dan keagamaan kami,” beber Taliban. Karena itulah, Taliban melancarkan serangan ke wisma tamu PBB dan menewaskan sembilan orang pekan lalu.
Saat ini, lebih dari 100.000 serdadu asing berada di Afghanistan dalam misi perang teror yang digagas AS. Kemungkinan besar, jumlah kekuatan pasukan multinasional itu akan bertambah. Sebab, Presiden Barack Obama tengah mempertimbangkan pengiriman pasukan tambahan dalam waktu dekat. Jenderal Stanley McChrystal, komandan tertinggi militer AS di Afghanistan, minta Obama mengirimkan lagi minimal 40 ribu serdadu.

Arti Adil Yang Sebenarnya

Adil sering diartikan sebagai sikap moderat, obyektif terhadap orang lain dalam memberikan hukum, sering diartikan pula dengan persamaan dan keseimbangan dalam memberikan hak orang lain., tanpa ada yang dilebihkan atau dikurangi. Seperti yang dijelaskan Al Qur’an dalam surah Ar Rahman/55:7-9

“ Dan Allah telah meninggikan langit-langit dan Dia meletakkan neraca (keadilan) suapaya kamu jangan melampaui batas neraca itu. Dan tegakkanlah timbangan itu dengan dengan adil dan janganlah kamu mengurangi neraca itu”

Kata adil sering disinonimkan dengan kata al musawah (persamaan) dan al qisth (moderat/seimbang) dan kata adil dilawankan dengan kata dzalim.

Dalam Al Qur’an kata adil dan anak katanya diulang sekitar 30 (tiga puluh) kali. Al Qur’an mengungkapkannya sebagai salah satu dari asma’ al husna Allah dan perintah kepada Rasulullah untuk berbuat adil dalam menyikapi semua umat yang muslim maupun yang kafir. Begitu juga perintah untuk berbuat adil ditujukan kepada kaum mukminin dalam segala urusan.

B. PRINSIP KEADILAN DALAM ALAM RAYA

Jika kita perhatikan alam raya sekitar kita, maka akan kita dapatkan prinsip adil/keseimbangan itu menjadi ciri utama keberlangsungan dunia. Malam dan siang, gelap dan terang, panas dan dingin, basah dan kering, bahkan udara tersusun dalam susunan keseimbangan yang masing-masing fihak tidak ada yang mengambil/mengurangi hak sisi lain.

Tata surya kita, matahari, bumi bulan dan planet lainnya berada dalam jalur/garis edar obyektif yang tidak ada satupun dari tata surya itu merampas jalur fihak lain, jika perampasan fihak lain itu terjadi bisa kita bayangkan bagaimana jadinya alam ini, pasti akan terjadi benturan-benturan yang berarti kebinasaan dan kehancuran. (QS. Al Qamar: 49, Al Mulk: 3, Yasin: 40, Ar Rahaman:5-7)

Kelangsungan hidup manusia sangat ditentukan oleh keseimbangan pernafasannya antara menghirup dan membuang. Jika tarikan dan pembuangan tidak seimbang maka manusia akan mengalami kesulitan bernafas dan biasanya kehidupan akan segera berhenti. Begitu juga susunan fisik manusia, memiliki komposisi seimbang antara cairan, udara, dan benda padat (tulang dan otot), jika keseimbangan ini terganggu maka kehidupanpun akan terganggu. Demikian pula susunan materi dan ruhiyah, antara fisik, akal dan rasa. Jika ada satu fihak yang mengambil hak sisi lain dapat dipatikan akan terjadi ketimpangan hidup. Dst.

C. KEISTIMEWAAN SIKAP ADIL/MODERAT

  1. Sikap adil/moderat akan menjamin kelangsungan sebuah konsep. Sebab sikap berlebihan yang meskipun dibutuhkan suatu saat ia tidak akan tahan lama. Misal; berlari akan mempercepat daya tempuh tetapi tidak semua orang tahan lama berlari, berbeda dengan berjalan, meskipun ia lebih lambat, namun ia lebih tahan lama.
  2. Sikap moderat/adil lebih menjamin keadaan istiqamah (lurus) dan terhindar dari penyimpangan. As Shirat al Mustaqim (QS 1:6) banyak dijelaskan oleh para mufassir sebagai sebuah jalan yang berada di tengah-tengah antara dua jalan yang menyimpang kiri maupun kanan.
  3. Sikap adil/moderat menunjukkan nilai khairiyyah (kebaikan). Aristotles mengatakan: “Kebaikan itu berada di antara dua sikap kehinaan” Islam menyebut shalat wustha sebagai sebaik-baik shalat. Orang Arab mengatakan : “Khairul umuri ausathuha (Sebaik-baik urusan adalah yang paling moderat)
  4. Posisi adil/moderat adalah posisi yang paling aman, jauh dari bahaya dibandingkan dengan sikap tatharruf (marginal/pinggiran) yang memang lebih awal terkena jika bahaya datang.
  5. Sikap adil/moderat adalah simbol kekuatan. Kita perhatikan dalam rentang usia manusia, usia yang paling dibanggakan adalah rentang usia tengah antara masa kanak-kanak dan masa tua renta.
  6. Posisi adil/moderat adalah pusat persatuan dan kesatuan. Berapapun sisi yang dimiliki oleh sebuah bidang, maka titik sentral akan mempersatukan semua sisi itu. Perhatikan sebuah roda yang memiliki banyak jeruji, bagaimana jika tidak ada titik tengahnya, di mana mereka bisa bersatu?

D. SISI MODERAT/KEADILAN DALAM AJARAN ISLAM

Sikap adil dalam syariah Islam dapat kita lihat dalam setiap sendi ajarannya, baik secara teoritis maupun aplikatif, tarbawiy (pendidikan) maupun tasyri’iy (peraturan). Islam sangat moderat dalam bidang akidah, pemahaman, ibadah, ritual, akhlaq, adab, hukum dan peraturan.

1. Aqidah

Dalam bidang akidah, Islam merupakan konsep moderat anatara kaum khurafat yang mempercayai semua kekuatan sebagai tuhan dan kaum mterealis yang tidak mempercayai kecuali yang tertangkap alat inderanya saja.

Pandangannya tentang manusia adalah pandangan moderat antara mereka yang mempertuhankan manusia (menganggap bisa melakukan apa saja, semaunya) dan mereka yang menganggap manusia sebagai wayang yang tidak berdaya apa-apa. Islam memandang manusia sebagi makhluk hamba Allah yang bertanggung jawab. Dsb.

2. Ibadah

Islam membuat keseimbangan ibadah bagi umatnya antara kebutuhan ukhrawiy dan kebutuhan duniawiy. Pemeluk Islam yang baik bukanlah yang menghabiskan waktunya hanya untuk ibadah ritual tanpa memperhatikan bagian duniawinya, begitu juga bukan pemeluk yang baik jika hanya memeperhatikan duniawi tanpa memberikan porsi ukhrawi. Contoh jelas dalam hal ini adalah, hari juma’t, ada perintah untuk shalat juma’h, larangan melakukan perdagangan pada waktu itu, tetapi kemudian disusul perintah mencari rizki begitu usai shalat jum’at. (QS. 62: 9-10)

3. Akhlaq

Pandangan normatif Islam terhadap manusia adalah pertengahan antara mereka yang idealis memandang manusia harus berada dalam kondisi prima, tidak boleh salah sebagaimana malaikat, dan mereka yang menganggap manusia sebagai makhluk hidup (hewan) yang bebas melakukan apa saja yang disukai, tanpa ada norma yang mengikatnya. Islam memandang manusia sebagai makhluk yang berpotensi salah sebagaimana ia berpotensi benar (QS. Asy Syams: 7-10).

Dalam memandang dunia, Islam memiliki sikap moderat antara yang menganggapnya segala-galanya (Dan mereka mengatakan: “Hidup hanyalah kehidupan kita di dunia saja, dan kita sekali-kali tidak akan dibangkitkan” QS. AL An’am/6:29), dengan mereka yang menganggap dunia sebagai keburukan yang harus dijauhi. Islam memandang dunia sebagai ladang akherat, Islam menuntun manusia pada kebaikan dunia dan akhirat.

4. Tasyri’

Dalam bidang halal-haram Islam adalah pertengahan antara Yahudi yang serba haram (QS. 4:160-164) dan Nasrani yang serba halal. Islam menghalalkan yang baik dan mengharamkan yang buruk (QS. 7:157)

Dalam urusan keluarga Islam adalah pertengahan antara mereka yang melarang nikah sama sekali (seperti dalam kerahiban nasrani) dan mereka yang memperbolehkan nikah tanpa batas (jahiliyyah), begitu juga dengan perceraian, antara mereka yang melarang cerai sama sekali (seperti nasrani), dan yang memperbolehkan perceraian tanpa batas.

Dalam kepemilikan, konsep Islam adalah pertengahan antara mereka yang menafikan milik pribadi (sosialis) dan yang menafikan milik sosial/memanjakan milik pribadi (kapitalis). Islam mengakui milik pribadi, tetapi mewajibkan adanya hak sosial dalam setiap kepemilikan pribadi. Dst.

E. DISTRIBUSI KEADILAN

Islam mewajibkan ummatnya berlaku adil dalam semua urusan. Al Qur’an mendistribusikan kewajiban sikap adil dalam beberapa hal seperti :

1. Menetapkan hukum

“Sesungguhnya Allah menyuruh kamu menyampaikan amanat kepada yang berhak menerimanya, dan (menyuruh kamu) apabila menetapkan hukum di antara manusia supaya kamu menetapkan dengan adil.” QS.4:58

2. Memberikan hak orang lain.

“Sesungguhnya Allah menyuruh kamu berbuat adil dan berbuat kebajikan..” QS. 16:90

3. Dalam berbicara

“Dan apabila kamu berkata, maka hendaklah kamu berlaku adil, kendatipun ia adalah kerabatmu.”QS. 6:152

4. Dalam kesaksian

“Wahai orang-orang yang beriman, jadilah kamu orang yang benar-benar menegakkan keadilan, menjadi saksi karena Allah biarpun terhadap dirimu sendiri atau ibu bapa dan kaum kerabatnu. QS. 4:135

5. Dalam pencatatan hutang piutang

“Dan hendaklah seorang penulis di antara kamu menuliskannya dengan benar..”QS 2:282

6. Dalam Mendamaikan perselisihan

“…maka damaikan antara keduanya dengan adil dan berlaku adillah..”QS. 49:9

7. Menghadapi orang yang tidak disukai

“Dan janganlah sekali-kali kebencianmu pada suatu kaum, mendorong kamu untuk berlaku tidak adil. Berlaku adillah karena adil itu lebih dekat kepada taqwa.QS. 5:8

8. Pemberian balasan

“…dan barang siapa diantara kamu membunuhnya dengan sengaja, maka dendanya ialah mengganti dengan binatang ternak seimbang dengan buruan yang dibunuhnya, menurut putusan dua orang yang adil di antara kamu …QS. 5:95

9. Imam As Syafi’iy menegaskan kepada para qadli (hakim) agar bersikap adil dalam lima hal terhadap dua orang yang berselisih, yaitu :

1. Ketika masuk pintu,

2. Saat duduk di hadapannya,

3. Menghadapkan wajah kepadanya,

4. Mendengarkan pembicaraannya,

5. Memutuskan hukum.

10. Dsb.

F. PENEGAKAN DAN STANDAR KEADILAN

Berlaku adil memerlukan kejelian dan ketajaman, di samping mutlak adanya mizan (standar) yang dipergunakan untuk menilai keadilan atau kezaliman seseorang. Mizan keadilan dalam Islam adalah Al Qur’an. Firman Allah :

“Allah-lah yang menurunkan kitab dengan membawa kebenaran dan menurunkan neraca (keadilan)”QS. 42:17

“ Sesungguhnya Kami telah mengutus rasul-rasul dengan membawa bukti-bukti yang nyata dan telah Kami turunkan bersama mereka Al Kitab dan neraca (keadilan) supaya manusia dapat melaksanakan keadilan. Dan Kami ciptakan besi yang padanya terdapat kekuatan yang hebat dan berbagai manfaat bagi manusia”QS.57:25

Rasyid Ridla, dalam Tafsir al Manar menjelaskan ayat ini dengan mengatakan :

“Sebaik-baik orang adalah orang yang bisa berhenti dari kezaliman dan permusuhan dengan hidayah Al Qur’an, kemudian orang yang berhenti dari kezaliman karena kekuasaan (penguasa) dan yang paling buruk adalah orang yang tidak bisa diterapi kecuali dengan kekerasan. Inilah yang dimaksudkan dengan al Hadid (besi)”.

Kesalihan dunia ini hanya bisa ditegakkan dengan Al Qur’an yang telah mengharamkan kezaliman dan pengrusakan-pengrusakan lainnya. Sehingga manusia menjauhi kezaliman itu karena rasa takutnya kepada murka Allah di dunia dan akhirat, di samping untuk mengharapkan balasan/ganjaran dunia akhirat. Kemudian dengan keadilan hukum yang ditegakkan penguasa untuk membuat jera umat manusia dari dosa.

Rabu, Januari 13, 2010

Wajah Nabi Muhammad

wajah Nabi Muhammad saw. dilukiskan dengan kata-kata sebagai wajah yang berkulit putih, bermata hitam, beralis tebal, gigi putih teratur dan rambut bergelombang. Tapi jika tidak pernah sekalipun melihat wajah Nabi lalu bagaimana seseorang begitu sangat yakin telah bertemu dan melihat wajah Nabi dalam mimpi, atau sebagian yang lain lalu melukiskan wajahnya?


oleh Rusdi Mathari
SUATU hari, kira-kira empat sampai lima tahun silam, saya berkunjung ke rumah seorang aktivis partai politik untuk keperluan sebuah wawancara. Di rumahnya di Depok, pinggir selatan Jakarta, saya diajak masuk ke ruang kerjanya. Banyak buku, literatur, dan jurnal. Orangnya juga berapi-api menjelaskan pendirian partai politiknya yang kala itu bermaksud mencalonkan SBY-JK menjadi Presiden dan Wakil Presiden RI dan fasih menjelaskan ajaran dan dalil agama. Di akhir wawancara, ketika saya hendak keluar dari ruang kerjanya, di samping pintu masuk, saya bertatap dengan sebuah foto atau tepatnya lukisan wajah seseorang.

Kepala orang itu tertutup sebagian oleh serban, warnanya polos dan tak bermotif. Wajahnya terlihat bagai pemuda yang matang dan ganteng mirip wajah-wajah orang Arab berkulit putih bersih. Hidungnya mancung, sorot matanya tajam sementara bibir tipisnya tampak tersenyum dengan kumis dan jenggotnya terlihat tipis dan terawat.

Secara umum, gambarannya hampir mirip dengan gambar-gambar wajah Yesus yang pernah beberapa kali saya lihat di rumah-rumah beberapa teman saya yang beragama Nasrani. Tapi aktivis partai politik itu beragama Islam. “Siapa orang ini,” tanya saya kemudian.

Semula saya menduga orang itu akan menjawab Syekh Abdul Qadir al Jailani seorang sufi besar atau Ali bin Abi Thalib ra., sepupu Nabi saw. Dugaan saya terutama didasari oleh pengalaman bahwa gambar-gambar dari dua orang itu, pernah saya jumpai di beberapa rumah teman-teman saya yang beragama Islam. Dugaan saya salah. “Itu Nabi,” jawab dia serius meskipun tetap berusaha tersenyum.

“Oh, wajah Nabi?” saya bertanya kembali sambil berusaha membungkus mimik wajah saya yang sedikit terkejut. Aktivis tadi tak bersedia menjawab lebih jauh. Saya pulang.

Sudah menjadi pengetahuan umum, bahwa orang Islam mengharamkan wajah Nabi untuk digambar atau divisualkan. Setiap kali ada peristiwa yang berhubungan dengan penggambaran wajah Nabi, karena itu hampir bisa dipastikan mayoritas umat Islam juga akan selalu marah dan melakukan protes. Penggambaran wajah Nabi lantas akan dianggap sebagai penghinaan terhadap ajaran Islam, dianggap tidak menghormati ajaran Islam dan Nabi itu sendiri.

Itu sebabnya dalam setiap cerita bergambar seperti komik ataupun film, keseluruhan bentuk fisik Nabi selalu digantikan oleh cahaya. Kadang di tengah cahaya itu ditulis lafal Arab “Muhammad.” Sungguh saya sendiri tak paham dasar pengharaman tersebut, karena sejauh pengetahuan saya tidak ada dalil al Quran dan hadis yang secara benar melarang penggambaran bentuk fisik Nabi termasuk wajahnya.

Dulu ketika bersekolah di madrasah, ustaz atau kiai yang saya tanya akan hal itu hanya menjelaskan bahwa pengharaman atas penggambaran wajah Nabi dimaksudkan agar Nabi tidak dikultuskan. Pengkultusan terhadap seseorang bahkan meskipun dia berpredikat sebagai nabi dan kekasih Allah akan menyebabkan orang tergelincir pada jurang syirik, sebuah perbuatan yang justru ditentang keras oleh Nabi.

Menurut para kiai itu, Nabi sejak awal memang tidak mau dikultuskan karena hanya menginginkan manusia mengultuskan Allah. Jawaban yang sederhana dan cukup masuk akal, meskipun tentu saja membuat saya terus penasaran.

//yesaya.indocell.net/id532.htm
Kejadian sampul majalah Tempo edisi 50/XXXVI/04 – 10 Februari 2008 yang menukil lukisan Leonardo da Vinci berjudul The Last Supper atau “makan malam terakhir” dan mengganti wajah Yesus dengan Soeharto dan murid-murid Yesus dengan anak-anak Soeharto— yang lantas menuai protes dari beberapa orang yang mengatasnamakan umat Katolik, mengingatkan saya pada larangan untuk menggambar wajah Nabi.

Saya lalu ingat akan lukisan wajah yang disebut-sebut sebagai wajah Nabi di rumah aktivis partai politik, di Depok itu dan ingat akan penjelasan para kiai.

Seorang teman bercerita, suatu malam dia bermimpi bertemu dengan Nabi. Benar tidaknya wajah di mimpi itu lantas disampaikan kepada seorang kiai yang lantas menjawab, bahwa jika benar bermimpi bertemu dengan Nabi, maka orang dan tentu saja wajah yang hadir dalam mimpi itu adalah benar Nabi karena iblis tidak bisa meniru wajah Nabi. “Jaminannya adalah surga,” kata kiai itu.

Saya tersenyum mendengar penjelasan kiai itu bukan karena soal jaminan surga itu. Saya hanya berpikir, iblis mungkin saja memang tak bisa menyamar dan mengganti wujud menjadi Nabi tapi bagaimana mungkin seseorang bisa yakin bahwa dia bermimpi telah bertemu dengan Nabi sementara dia sendiri seumur hidupnya belum pernah melihat wajah Nabi?

Tidakkah dalam kasus mimpi semacam itu, bisa saja iblis atau khayalan lain yang datang dan kemudian mengaku-ngaku sebagai Nabi, karena si pemimpi itu sendiri tak tahu atau tidak pernah melihat wajah nabinya? Dan tidakkah wajah Nabi selama ini, hanya bisa dilukiskan lewat kata-kata dan tidak dalam bentuk fisiknya?

Namun saya juga paham di antara ketaatan untuk tidak memvisualkan wajah Nabi, sebagian untuk tidak menyebut seluruh umat Islam juga selalu merindukan dan karena itu ingin melihat wajah nabinya. Mungkin karena itu, di Iran banyak orang yang menyimpan poster atau lukisan wajah seseorang yang diakui sebagai wajah Nabi ketika masih remaja belia. Sebagian menyebutkan bahwa gambar itu dilukis oleh pendeta Bahira yang sempat mengiringi Nabi bersama pamannya ke Siria (dulu berjuluk negeri Syam).

Mengutip artikel dari majalah ISIM Review 17, Spring 2006, berjudul “The Story of Picture Shiite Depictions of Muhammad, Pierree Centlivre & Micheline Centlivres-Demont” situs madinah-al-hikmah.net menyebutkan, kaum Syiah di Iran memang mempunyai pengalaman yang cukup panjang dalam menggambarkan keluarga Nabi saw dan Nabi sendiri. Pada akhir-akhir dekade 90–an poster yang menggambarkan wajah Nabi di cetak di Iran dan menjadi salah satu poster terlaris. Dalam poster itu menggambarkan wajah masa muda dari Nabi.

Bagi mereka yang selalu memandang curiga terhadap orang dan ajaran Islam, pengharaman untuk menggambarkan wajah Nabi niscaya juga menjadi peluang untuk mengolok-olok. Kasus karikatur Nabi yang dimuat oleh harian Jylland-Posten Denmark pada kuartal terakhir 2005 adalah salah satu contohnya. Banyak orang Islam protes, sembari diam-diam tetap merindukan untuk melihat wajah Nabi.

Sebuah wajah yang diceritakan oleh banyak hadis berkulit putih, bermata hitam, beralis tebal, gigi putih teratur dan rambut bergelombang. Wajah yang mencerminkan keindahan, keremajaan dan keserasian yang bahkan konon mengalahkan ketampanan Nabi Yusuf a.s., seorang nabi yang telah membuat banyak perempuan tergila-gila hanya dengan melihat wajahnya.

Tiba-tiba Voja Alfatih, anak saya yang berumur enam setengah tahun menghampiri saya. Dia membawa komik yang menceritakan kisah hidup Nabi. Tergambar di komik, wajah Nabi yang “diwakili” lafal Arab “Muhammad” itu.

Dia pun bertanya kepada saya kenapa wajah Nabi tak seperti wajah kita? Saya jawab, “Bukan berbeda tapi kita diminta untuk tidak menggambarnya.” Wajah Voja tampak semakin bingung.

Pin Nabi Beredar Dan Penghinaan Kaum Muslim

Pin Nabi Muhammad yang beredar di Makassar membuat geram beberapa kalangan, setelah beberapa waktu lalu sempat pula dihebohkan oleh Kartun Nabi Muhammad. Pin bergambar pria yang disebutkan sebagai Nabi Muhammad beredar di Makassar. Pin tersebut pertama kali didapat dari seorang wanita bernama MAR. Namun saat ditemui di rumahnya, MAR menolak berkomentar.


Pin bergambar Nabi Muhammad seperti diberitakan sebelumnya, pin tersebut pertama kali ditemukan oleh seorang pengurus sebuah forum komunikasi muslimah di Makassar dari tangan seorang wanita bernama HDY. Namun HDY mengaku, pin itu dibelinya dari wanita yang juga rekan bisnisnya, MAR.

Berdasarkan penelusuran detikcom akhirnya diketahui MAR tinggal di salah satu daerah di Kota Makassar (diduga sebagai Wanita Pemilik Pin Nabi Muhammad). Namun saat detikcom menyambangi kediamannya, MAR menolak ditemui. Akhirnya detikcom hanya diladeni oleh Anto, suami MAR.

Anto mengaku dirinya sama sekali tidak tahu menahu soal pin tersebut. Apa lagi jika benda tersebut pertama kali dimiliki oleh istrinya.

Dia juga tidak percaya gambar pria dalam pin tersebut adalah Nabi Muhammad. Sebab pria yang digambarkan dalam pin tersebut masih sangat muda layaknya pemuda berusia belasan tahun.

"Tidak mungkin gambar tersebut adalah gambar baginda Rasulullah. Karena di gambar tersebut yang ada hanyalah gambar pemuda, sementara kerasulan Nabi Muhammad di usia 40 tahunan," ungkap Anto.

Anto pun memperlihatkan gambar pria yang sama dengan pria di pin itu yang disebutkan sebagai Nabi Muhammad. Gambar pria itu disimpan Anto dalam ponsel Nokia 9300 Communicator-nya. Gambar wajah pemuda bersorban putih itu disimpan dalam file Kekasih.JPG.

Berita Video Pin Nabi Muhammad Palsu dan Menghina Islam

video Heboh beredarnya pin bergambar pria yang disebutkan sebagai Nabi Muhammad di Makassar langsung mendapat reaksi keras dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulawesi Selatan (Sulsel). MUI menegaskan, gambar tersebut palsu dan menghina Islam.

"Itu palsu dan menghina umat Islam," kata Ketua MUI Sulsel, KH. Sanusi Baco LC, yang ditemui wartawan di kediamannya, Jl Kelapa Tiga, Makassar, Rabu (14/10/2009).

Sanusi mengimbau aparat berwenang mencegah peredaran pin tersebut. Dia juga meminta penyebar pin itu bertanggung jawab.

"Bagi yang menemukannya harus dimintai pertanggungjawaban. Dia harus menjelaskan dari mana mengetahui bahwa gambar tersebut sudah pasti gambar Nabi," ungkap Sanusi.

Pin yang menghebohkan itu berbentuk bundar, berdiameter sekitar 5 cm dan berwarna dasar hijau muda. Pada pin itu, gambar wajah pria yang disebutkan sebagai Nabi Muhammad sangat tampan.

Hidungnya tampak mancung dengan bibir yang tidak tipis maupun tebal. Alisnya juga terlihat tebal rapi. Demikian pula dengan matanya yang berwarna cokelat. Kepalanya tertutup sorban putih bergaris-garis hijau. Di sebelah telinga kanan terlihat gulungan sorban yang menyerupai kembang.

Gambar hanya tampak sampai leher saja. Di bawah gambar, ada tulisan Arab berbunyi Muhammad Rasulullah Sallallahu Alaihi wa Alihi Wassalam.

Tulisan Muhammad Rasulullah berhuruf besar. Hampir sepuluh kali lebih besar dibandingkan tulisan Sallallahu Alaihi Wa Alihi wa Sallam